Translate This Web

Artikel Populer Dalam 30 Hari Terakhir

Hadiah Peserta Workshop & Orang Tua Kita



1. Keterangan Khat Pada Foto

Khat Naskhi adalah gaya tulisan Arab yang dikembangkan oleh Ibn Muqlah Al-Mawsili pada abad ke-10 Masehi selama masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah di Mesir. 

Khat ini didesain untuk menghasilkan tulisan yang elegan, jelas, dan mudah dibaca. Khat Naskhi memiliki garis halus, bentuk huruf seragam, dan proporsi yang seimbang. 

Gaya tulisan ini populer di kalangan kaligrafer dan digunakan luas dalam tulisan Al-Quran, manuskrip, dan dokumen penting di dunia Arab.

2. Isi Konten Pada Foto

Text pada foto adalah ungkapan doa seorang anak kepada kedua orang tuanya. Text doa tersebut merupakan doa yang dikutip dari Al Quran QS. Al Isro' 24 yang berbunyi: 

وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

"Dan rendahkanlah sayap kerendahanmu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang, dan ucapkanlah, 'Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah merawatku di waktu kecil.'"

3. Sari Makna Ayat

a. Rendahkan diri dan hormati kedua orang tua dengan sikap yang rendah hati, mengakui kepentingan peran mereka dalam hidup kita, dan memberikan penghormatan yang pantas.

b. Tunjukkan kasih sayang kepada kedua orang tua dengan ungkapan cinta, perhatian, dan penghargaan yang tulus terhadap perawatan dan pengorbanan mereka.

c. Hargai pengorbanan dan perhatian yang telah diberikan oleh kedua orang tua, dan sampaikan rasa terima kasih atas waktu, energi, dan usaha yang telah mereka berikan dalam merawat, mendidik, dan membesarkan kita.

4. Pelajaran Dalam Tentang Berbakti Kepada Ke Dua Orang Tua

a. Hendaknya seorang anak ketika menegur orang tuanya menggunakan bahasa meminta pendapat dan nasehat. Bukan memakai bahasa memerintah 

b. Sesalah apapun perbuatan orang tua kepada anak, maka hendaklah sang anak tetap menghormati dan tidak menyalah-nyalahkan orang tua

c. Bakti dan layanan seorang anak yang selalu mendampingi orang tua yang sedang sakit akan memiliki cela kesalahan yang membuat orang tua marah dan menyalahkan sang anak.

d. Hendaklah seorang anak bersabar dan tidak berkecil hati akibat makian orang tua yang sedang sakit. Dan hendaknya ia selalu mengalah dan menuruti semua permintaannya.

Posting Komentar

0 Komentar