Bab ini dikhususkan oleh Al-imam As-Syathibi untuk Imam Abu Amr Al-Bashry.
Beliau berkata dalam baitnya,
أبو عمرو البصري فيه تحفلا1
Meskipun dalam periwayatannya para pensyarah matan As-Syathibiyyah menjelaskan bahwa idghām kabīr di sini hanya untuk Imam As-Susi `an Abi Amr, Namun perlu diketahui bahwa idghām kabīr di sini tidak hanya terjadi pada riwayat As Susi saja.
Hampir setiap riwāyat bacaan di dalam qirā'ah asyrah bahkan kubrā juga memilikinya. Meskipun frekuensinya tidak seluas dan serinci kaedah Imam As-Susi.
Mengingat bahwa bacaan yang masyhur di dunia adalah bacaan Hafsh, maka perlu kiranya kita menelisik bacaan idghām kabīr sesuai riwayat ini.
قَالَ مَا مَكَّنِّىۡ فِيۡهِ رَبِّىۡ خَيۡرٌ فَاَعِيۡنُوۡنِىۡ بِقُوَّةٍ اَجۡعَلۡ بَيۡنَكُمۡ وَبَيۡنَهُمۡ رَدۡمًا ۙ ٩٥
Qs. Al-Kahfi[18] :95
Asal muasal kata ini ketika dibaca idzhār adalah (مَكَّنَنِيْ) (makkananī). Mayoritas qurra asyarah, membaca dengan meng-idghām-kan "nun" pertama ke "nun" kedua pada lafaz tersebut. Maka bacaan tersebut dibaca مكنِّي (makkannī). Kecuali Imam ibn Katsir, dimana beliau satu satunya yang meng-idzhār-kannya, sebagaimana tertulis diatas.
As-Syatibi berkata :
ومكنني أظهر دليلا2
قُلۡ اَفَغَيۡرَ اللّٰهِ تَاۡمُرُوۡٓنِّىۡۤ اَعۡبُدُ اَيُّهَا الۡجٰـهِلُوۡنَ ٦٤
Qs. Az-Zumar[39] :64
Asal muasal kata ini ketika dibaca idzhār adalah تأمُرُونَنِي (Ta'muruunani). Proses idghām kabīr terjadi persis seperti kata sebelumnya. Maka kemudian dibaca تامرونّي (Ta'muruuuunnii).
Bacaan ini adalah bacaan jumhur kecuali Imam Ibn Amir dengan idzhār sebagaimana tertulis diatas.
As-Syatibi berkata:
وزد تأمروني النون كهفا وعم خفه3
قَالُوۡا يٰۤاَبَانَا مَا لَـكَ لَا تَاۡمَنَّا عَلٰى يُوۡسُفَ وَاِنَّا لَهٗ لَنٰصِحُوۡنَ ١١
Qs. Yusuf[12] :11
Asal muasal kata ini ketika dibaca idzhār adalah لا تأمننا (Laa ta'manunā). Setelah proses idghām kabīr, maka tertulis dengan 1 nun bertasydid dan kemudian dibaca "lā ta'mannā".
Seluruh qurra asyarah sepakat membacanya dengan idghām kabīr beserta isymam (memoncongkan bibir sebagai isyarat dhammah). Wajh kedua yang juga dibolehkan adalah ikhtilas (melirihkan suara) harakat dhammah pertama.
Kedua bacaan ini berlaku untuk seluruh qurra asyarah kecuali Abu Jafar. Yang mana beliau memilih 1 wajh saja yaitu idghām kabīr tanpa isymam.
As-Syatibi berkata :
وتأمننا للكل يخفي مفصلا
وأدغم مع إشمامه البعض عنهم4
Ibn Al jazari juga berkata dalam Matn Ad-Durrah :
وأد محض تأمنا5
وَحَآجَّهٗ قَوۡمُهٗ ؕ قَالَ اَتُحَآجُّٓونِّىۡ فِى اللّٰهِ وَقَدۡ هَدٰٮنِؕ وَلَاۤ اَخَافُ مَا تُشۡرِكُوۡنَ بِهٖۤ اِلَّاۤ اَنۡ يَّشَآءَ رَبِّىۡ شَيۡـًٔـا ؕ وَسِعَ رَبِّىۡ كُلَّ شَىۡءٍ عِلۡمًاؕ اَفَلَا تَتَذَكَّرُوۡنَ ٨٠
Qs. Al-An'am[6] :80
Asal muasal kata ini ketika idzhār adalah أتحاجّونني (Atuhāāājjūnanī), Sayangnya tidak ada satupun a'immah asyarah yang meng-idzhar-kannya.
Khilāf baca di sini terjadi setelah proses idghām sebagai berikut ;
Imam As-Syathibi berkata:
وخفف نونا قبل فى الله من له
6...... بخلف أتى
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا مَنۡ يَّرۡتَدَّ مِنۡكُمۡ عَنۡ دِيۡـنِهٖ...
Qs. Al-Maidah[5] :54
Asal muasal kata ini ketika dibaca idzhār adalah يَرْتَدِدُ. Bacaan idzhār "yartadidu" merupakan mazhab Imam Nafi, Abu Jafar dan ibn Amir. Adapun idghām kabīr "yartadda" merupakan bacaan imam selainnya. Di dalam ayat tersebut, kata itu terbaca dengan men-jazm-kan huruf "dal" sehingga terbaca يرتددْ "yartadid".
As-Syathibi berkata:
يرتدد عم مرسلا
وحرك بالإدغام للغير داله7
اِنَّ الَّذِيۡنَ يُحَآدُّوۡنَ اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ كُبِتُوۡا كَمَا كُبِتَ الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِهِمۡ وَقَدۡ اَنۡزَلۡنَاۤ اٰيٰتٍۢ بَيِّنٰتٍ ؕ وَ لِلۡكٰفِرِيۡنَ عَذَابٌ مُّهِيۡنٌ ۚ ٥
Qs. Al-Mujadilah[58] :5
Asal muasal kata ini ketika dibaca idzhar adalah يحادِدون "yuhādidūna" Sebagaimana bacaan ini tertulis jelas pada Qs. At-Taubah[9] :63 dengan kalimat ومن يحادد الله "wa man Yuhādidillah".
Seluruh qurra asyarah sepakat membacanya dengan idghām kabīr pada Qs. Al-Mujadilah dan sepakat dengan idzhār pada Qs. At-Taubah.
ini terdapat pada ayat,
ذٰ لِكَ بِاَنَّهُمۡ شَآقُّوا اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ ۚ وَمَنۡ يُّشَآقِّ اللّٰهَ فَاِنَّ اللّٰهَ شَدِيۡدُ الۡعِقَابِ ٤
Qs. Al-Hasyr[59] :4
Serupa dengan kata يحادون, asal muasal kata ini ketika di-idzhar-kan adalah : يشاقق (yusyāqiqu) sebagaimana tertulis jelas pada Qs. At-Taubah. Seluruh qurra asyarah sepakat membaca dengan idghām kabīr pada Qs. Al-Hasyr dan dengan idzhār pada Qs. At-Taubah.
ini terdapat pada potongan ayat,
...لِّيَهۡلِكَ مَنۡ هَلَكَ عَنۡۢ بَيِّنَةٍ وَّيَحۡيٰى مَنۡ حَىَّ عَنۡۢ بَيِّنَةٍ ؕ وَاِنَّ اللّٰهَ لَسَمِيۡعٌ عَلِيۡمٌۙ ٤٢
Qs. Al-Anfal[8] :42
Asal muasal kata ini ketika dibaca idzhār adalah َحيِي (hayiya) yang mana bacaan ini adalah mazhab Imam Nafi, Abu Jafar, Al Bazzi 'an ibn Katsir, dan Syu'bah 'an Ashim. Adapun selain mereka membaca dengan idghām kabīr.
As-Syatibi berkata :
ومن حيي اكسر مظهرا إذ صفا هدي8
لَاُعَذِّبَـنَّهٗ عَذَابًا شَدِيۡدًا اَوۡ لَا۟اَذۡبَحَنَّهٗۤ اَوۡ لَيَاۡتِيَنِّىۡ بِسُلۡطٰنٍ مُّبِيۡنٍ ٢١
Qs. An-Naml[27] :21
Asal muasal kata ini ketika dibaca idzhār adalah ليأتيننني (laya'tiyannanī). Pada kalimat tersebut terdapat 3 "nun" dengan rincian sebagai berikut ;
Bacaan idzhār ini merupakan mazhab Imam ibn Katsir. Sementara idghām kabir adalah bacaan jumhur qurra asyarah.
As-Syatibi berkata :
وقل ياتينني دنا9
terdapat pada potongan ayat,
ثُمَّ يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ يُخۡزِيۡهِمۡ وَيَقُوۡلُ اَيۡنَ شُرَكَآءِىَ الَّذِيۡنَ كُنۡتُمۡ تُشَآقُّوۡنَ فِيۡهِمۡؕ...
Qs. An-Nahl[16] :27
Kata ini serupa dengan kata يشاقق pada pembahasan sebelumnya. Bedanya, di sini Imam Nafi dan Abu Ja’far membaca dengan mem-fathah-kan nun: تشاقونَ atas dasar menghapus ya' mutakallim. Sementara jumhur membaca dengan meng-kasrah-kan nun atas dasar menetapkan ya' mutakallim sebagai maf'ul.
As-Syatibi berkata :
ومن قبل فيهم يكسر النون نافع.10
ini terdapat pada potongan ayat,
اِنۡ تُبۡدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِىَۚ وَاِنۡ تُخۡفُوۡهَا وَ تُؤۡتُوۡهَا الۡفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيۡرٌ لَّكُمۡؕ ... ٢٧١
Qs. Al-Baqarah[2] :271
dan juga pada potongan ayat Qs. An-Nisa,
... اِنَّ اللّٰهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمۡ بِهٖ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ سَمِيۡعًۢا بَصِيۡرًا ٥٨
Qs. An-Nisa[4] :58
Asal muasal kata ini ketika dibaca idzhār adalah نِعْمَ مَا "ni'ma maa". Ketika mim pertama di-idghām-kan ke mim kedua maka mim pertama harus di-sukun-kan dan terjadilah pertemuan 2 sukun : ain dan mim. Mengacu pada kaidah iltiqa as-sakinain, maka sukun pertama harus di-kasrah-kan, sehingga terbacalah, ni'immā.
As-Syathibi berkata,
Ibn Al-Jazari berkata di matan ad-durrah :
نعما حز أسكن أد12
Demikian 11 letak bacaan idghām kabīr yang penulis temukan dan terbaca di riwāyat Hafs dan imam-imam lainnya. Bisa jadi terdapat tempat lainnya yang belum penulis temukan.
Wallahu a'lam.
Mochamad Ihsan Ufiq
Prigen, 21 Agustus 2024
-----
Catatan kaki :
0 Komentar